Kamis, 08 Mei 2014

LAPORAN BACA BUKU How to Talk so Teens Will Listen & Listen so Teens Will Talk Karangan Adele Faber & Elaine Mazli

Delapan Poin Membangun Komunikasi Dua Arah dengan Anak Remaja

1)    Berurusan dengan Perasaan
Akui perasaan anak remaja anda.
Tidak ada jaminan bahwa perkataan kita akan mendatangkan hasil-hasil positif seperti yang anda lihat di sini, tetapi setidaknya tidak memperparah, antara lain :
Ø  Daripada Menepis Perasaan mendingan Indentifikasikan Pemikiran dan Perasaan.
Ø  Daripada Mengabaikan Perasaan mendingan Akui Perasaan dengan Perkataan atau Isyarat ( Oh…mmm…uh….oh begitu ).
Ø  Daripada Logika dan Penjelasan mendingan Berikan dalam Khayalan, Apa yang Tidak Mungkin Anda Berikan dalam Realitas.
Ø  Daripada Mengabaikan Pertimbangan Baik Anda mendingan terima Perasaannya Sambil Mengarahkan Kembali Perilaku yang tak dapat diterima.


2)    Kita Masih Memastikan
Untuk mendorong kerja sama anak remaja.
Berikut adalah pendekatan berbeda-beda yang saya demonstrasikan, dan berikutnya adalah begaimana “ anak-anak” saya bereaksi :
v  Menyalahkan dan menuduh : “ lagi-lagi kamu melakukannya! Kamu menuangkan minyak ke penggorengan, menyalakan kompornya, lalu meninggalkannya. Apa masalahnya denganmu ? bisa-bisa kebakaran nanti ?”
Anak menjawab : “ Jangan terus membentak saya.”
                          “ Saya tidak lama meninggalkan dapur.”
                          “ Saya harus ke kamar mandi.”
v  Menjuluki : “ Bagaimana kamu sampai lupa mengunci sepeda baru? Bodoh sekali. Pantas saja dicuri. Ayah/ibu tidak menyangka kamu demikian tidak bertanggung jawab!”
Anak menjawab : “ Saya memang bodoh.”
                           “ Saya memang tidak bertanggung jawab.”
                           “ Saya memang tidak pernah benar ketika melakukan apa pun.”
v  Mengancam : “ Kalau kamu merasa bahwa melakukan tugasmu di rumah adalah tidak  penting, maka ayah/ibu juga merasa bahwa memberimu uang jajan adalah tidak penting.”
Anak menjawab : “ Jahat!”
                           “ Saya benci sama ayah/ibu.”
                           “ Saya akan senang sekali keluar dari rumah ini.”
v  Memerintah : “ Sekarang juga ayah/ibu minta kamu mematikan televise dan                                       mengerjakan PR. Jangan menunda-nunda.”
Anak menjawab : “ Saya tidak mau mengerjakan sekarang.”
                              “ Jangan terus mengganggu saya.”
                              “ Saya akan mengerjakan PR kalau saya mau.”
v  Menceramah dan menggurui : “ Ada sesuatu yang perlu kita bicarakan. Yaitu tentang  kebiasaanmu bersendawa di meja makan. Bagimu mungkin lucu, padahal tidak sopan. Dan suka atau tidak suka, orang akan menilai kita dari tata krama kita. Jadi kalau kamu harus bersendawa, setidaknya tutup mulutmu dengan serbet dan katakan, ‘ Maaf’.”
Anak menjawab : “ Apa ayah/ibu katakana? Tidak kedengaran.”
                           “ Rasanya saya ingin bersendawa.”
  “ Dangkal sekali. Tata karma mungkin penting bagi ayah/ibu, tetapi pakai saya tidak.”
v  Memperingatkan : “ Ayah/ibu peringatkan ya. Kalau kamu bergaul dengan anak-anak parah itu, kamu akan susah.”
Anak menjawab : “ Ayah/ibu tidak tahu apa-apa tentang teman-teman.”
v  Bersikap seperti martir : “ Sedikit saja ayah/ibu minta tolong kepadamu, kamu sudah keberatan. Ayah/ibu tidak mengerti. Ayah/ibu bekerja demikian keras untuk memberikan segala yang kamu butuhkan, tetapi beginilah balasanmu.”
Anak menjawab : “ Benar, saya memang anak bejat.” “ Saya jadi merasa bersalah.”
v  Membanding- bandingkan : “ bukan tanpa alasan kalau saudaramu yang banyak menerima telepon masuk. Kalau saja kamu berupaya bersikap bersahabat dan supel seperti dia, mungkin kamu pun akan popular.”
Anak menjawab : “ Dia hanya pura-pura.”
                              “ Saya benci saudara saya.”
v  Menyidir : “ Jadi setelah latihan basket, kamu berencana langsung ke tempat dansa tanpa mandi dulu ya ? Pasti aromamu harum! Cewek-cewek pasti antre mendekatimu.”
Anak menjawab : “ Ha, ha…ayah/ibu kira lucu ya ?” “ Aroma ayah/ibu sendiri tidak terlalu harum.”
v  Menubuatkan : “ Kamu selalu saja menyalahkan orang lain atas masalahmu. Kamu tidak pernah bertanggung jawab. Kalau kamu terus demikian, masalahmu dijamin hanya semakin parah saja dan kamu tidak bisa menyalahkan siapa pun selain dirimu sendiri.”
Anak menjawab : “ Mungkin saya memang pecundang.” “ Saya memang pasti hancur.”
Sikap dan bahasa Anda yang menghormati akan memungkinkan anak remaja Anda mendenagrkan dan bekerja sama :
*      Daripada memerintah mendingan gambarkan masalahnya.
*      Daripada menyerang anak remaja kita mendingan gambarkan perasaan anda.
*      Daripada menyalahkan mendingan berikan informasi
*      Daripada mengancam mendingan tawarkan pilihan.
*      Daripada menceramahi mendingan katakana secara langsung.
*      Daripada menunjukkan kesalahan mendingan nyatakan nilai-nilai dan atau pengharapan anda.
*      Daripada menegur dengan marah mendingan lakukan hal yang tidak diduga.
*      Daripada merongrong mendingan tuliskan saja.



3)    Menghukum atau tidak menghukum
Pilihan lain selain hukuman :
ü  Menyatakan perasaan anda.
ü  Menyatakan harapan anda.
ü  Menunjukkan bagaimana caranya memperbaiki kesalahan.
ü  Menawarkan pilihan.
ü  Mengambil tindakan.


4)    Mencari Jalan keluar Bersama
Langkah pertama     : Mengundang anak remaja anda utk memberikan sudut pandangnya.
             Langkah kedua      : menyatakan sudut pandang anda
             Langkah ketiga      : mengundang anak remaja anda berurun-rembuk bersama anda.
Langkah keempat  : menuliskan segala ide, entah masuk akal, entah konyol tanpa
mengevaluasikannya.
Langkah kelima    : mengevaluasikan ide-ide. Memutuskan ide mana saja yang disepakati bersama dan bagaimana cara menerapkannya.

5)    Berbicara dengan Anak-anak
Menurutmu, apa yang paling baik dari masa remaja- entah bagimu atau bagi teman-temanmu ?
o   Diberikan lebih banyak keistimewaan dan lebih sedikit batasan.
o   Bersenang-senang dan melakukan apa yang saya sukai.
o   Mempunyai pacar.
o   Semakin dekat dengan usia mengemudi.
Apa saja yang dikhawatirkan anak-anak sebayamu ?
o   Tidak cocok dengan lingkungan.
o   Tidak diterima secara sosial.
o   Kehilangan teman.
o   Anak-anak mengkhawatirkan apa kata orang tentang mereka.
Apa ada yang diucapkan atau dilakukan orangtuamu, yang membantu bagimu ?
o   Orangtua saya mendiskusikan segalanya dengan saya dan kami berusaha menemukan solusinya bersama-sama.
o   Ibu saya mengetahui ketika suasana hati saya sedang tidak baik dan tidak mengganggu saya.
o   Ayah saya membantu kalau saya tidak memahami PR saya.
Apa ada yang dilakukan atau diucapkan orangtuamu yang tidak membantu ?
o   Orangtua saya mengkritik kebiasaan belajar saya, yang adalah tidak adil sebab prestasi saya di sekolah sudah bagus.
o   Saya benci ketika orangtua saya membentak saya.
o   Orangtua saya terlalu keras bekarja. Tidak pernah ada waktu yang cukup untuk berbicara kepada mereka. Maksud saya, tentang hal sehari-hari.
Seandainya kamu bisa memberikan nasihat kepada orangtua, apa nasihatmu ?
o   Jangan mengatakan, silahlahkan menceritakan apa pun, lalu marah-marah dan menceramahi ketika kami menceritakannya.
o   Jangan mengatakan hal-hal seperti, kamu masih juga berteleponan ya? atau kamu makan lagi ya ? ketika hal itu sudah jelas.
Seandainya kamu bisa memberikan nasihat kepada nsesamam anak remaja, apa nasihatmu ?
o   Jangan melakukan hal-hal yang tolol, seperti menggunakan obat-obatan terlarang, sekadar agar anak-anak lain suka kepadamu.
o   Bersahabatlah terhadap semua orang bahkan terhadap anak-anak yang tidak popular.
o   Jangan ikut-ikutan ketika anak-anak mengganggu seseorang.
Apa yang kamu angankan berbeda tentang kehidupanmu—di rumah, di sekolah, atau dengan teman-teman.
o   Seandainya saja orangtua saya sadar, bahwa saya bukan bayi lagi dan mengizinkan saya melakukan lebih banyak hal, seperti ke kota bersama teman-teman.
o   Seandainya saja anak-anak tidak bersikap ramah di hadapan kita, tetapi menjelekkan kita di belakang kita.
o   Seandainya saja semua teman saya rukun dan tidak menuntut saya memihak pihak tertentu.


6)    Tentang Perasaan Teman, dan Keluarga
Perasaan perlu diakui :
Ø  Daripada menjatuhkan mendingan dengarkan dengan anggukan, suara atau kata.
Ø  Daripada menepis pemikiran dan perasaan mendingan utarakan pemikiran dan perasaan dengan kata-kata.
Ø  Daripada menipis angan-angan mendingan berikan dalam khayalan, apa yang tidak mungkin kamu berikan dalam realitas.


7)    Orangtua dan Anak Remaja Bersama-sama
Mengekspresikan Kekesalan Anda Kepada anak remaja anda :
ü  Utarakan apa yang anda rasakan.
ü  Utarakan apa yang anda inginkan dan atau harapkan.
Mengekspresikan Kekesalan Anda Kepada orangtuamu :
ü  Daripada menyalahkan atau menuduh.
ü  Utarakan apa yang kamu rasakan.
ü  Utarakan apa yang kamu inginkan dan atau harapakan.
Mengekspresikan Penghargaan kepada anak remaja anda :
ü  Gambarkan apa yang ia lakukan.
ü  Gambarkan apa yang anda rasakan.
Mengekspresikan Penghargaan kepada orangtuamu :
ü  Gambarkan apa yang ia lakukan.
ü  Gambarkan apa yang kamu rasakan.


8)    Berurusan dengan Seks dan Narkoba
Daripada melakukan pembicaraan serius mendingan cari kesempatan untuk membicarakannya, dengan cara :
*      Mendengarkan radio.
*      Menonton televisi.
*      Membaca majalah.
*      Menonton bioskop.
*      Membaca surat kabar.
*      Mendengarkan musik.


Tanggapan :
Buku ini sangat baik untuk para orang tua dalam membimbing remaja-remaja mereka. Agar orang tua mampu meningkatkan kualitas hubungan sehari-hari dengan anak-anaknya. Buku ini juga dapat mengembangkan pendekatan secara natural dalam memelihara dialog yang apa adanya, terbuka, dan saling menghormati antara orang tua dengan anak remajanya.
            Metode-metode dalam buku ini juga baik untuk orang tua mempraktekan kepada anak remajanya sehingga bisa membatasi konflik, mengurangi frustasi remaja dan mendorong komunikasi penuh pertimbangan tentang segalanya.
            Menurut saya buku ini sangat cocok untuk orang tua yang mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan anak remajanya dan metode-metode yang ada tidak begitu sulit untuk dipraktekan.












1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - MapyRO
    Casino - Find Harrah's Cherokee 화성 출장샵 Casino & Hotel reviews, 거제 출장마사지 photos, prices, Caesars Palace Hotel - AAA Four Diamond, 나주 출장안마 Harrah's 슬롯 나라 Cherokee Casino 강릉 출장샵

    BalasHapus